Telpon

0283 356406

Website Resmi Kodim 0712/Tegal - Menampilkan berita seputar kegiatan Kodim 0712/Tegal.

SELAMAT DATANG DI MARKAS KOMANDO DISTRIK MILITER 0712 TEGAL

ASAS KEPEMIMPINAN

TNI merumuskan prinsip-prinsip kepemimpinan sendiri yang didasarkan pada kondisi kehidupan dan nilai-nilai budaya Indonesia. TNI lalu menetapkan 11 asas kepemimpinan yang terdiri atas: Takwa, Ing ngarsa sung tulada, Ing madya mangun karsa, Tut wuri handayani, Waspada prabu wisesa, Ambag paramarta, Prasaja, Satya, Gemi nastiti, Belaka, dan Legawa

Kepemimpinan yang tumbuh dalam TNI itu dipengaruhi berbagai faktor. Pertama, Semangat Kebangsaan. Semua yang masuk BKR sebagai cikal bakal TNI diliputi semangat kebangsaan yang kuat untuk berjuang merebut dan menegakkan kemerdekaan bangsa. Kedua, Semangat Kerakyatan. Dalam BKR dan laskar-laskar yang dibentuk oleh rakyat, semangat kerakyatan cukup kuat. Ketiga, Kebangkitan Rakyat. Hal ini dipengaruhi pembentukan BKR selaku gerakan suka rela rakyat dalam jumlah besar untuk berjuang.

Keempat, Semangat Kemandirian. Semangat ini merupakan pengaruh dari kenyataan sejarah pada mulanya bahwa pemeliharaan pasukan, termasuk penyediaan persenjataan bukan dilakukan oleh pemerintah, melainkan oleh para komandan pasukan sendiri. Kelima, Semangat Integrasi Nasional sebagai pengaruh dari hasil integrasi yang dilakukan terhadap semua laskar perjuangan untuk menjadi Pertahanan Rakyat Semesta sebagai pengaruh dari keharusan bagi bangsa Indonesia untuk menjalankan Perang Kemerdekaan Kedua dengan cara bergerilya. Cara seperti itu menimbulkan pada kepemimpinan TNI keyakinan dan kesadaran bahwa pertahanan negara hanya dapat berhasil dan efektif bila dilakukan oleh seluruh rakyat Indonesia dengan TNI sebagai intinya. Ketujuh, Rasa Tanggung Jawab Nasional, sebagai pengaruh dari kejadian ketika pimpinan negara ditawan musuh, sehingga perjuangan membela kemerdekaan dapat mengalami kegagalan andaikata TNI bersikap seperti tentara biasa.

Telpon

0283 356406