Tiga Pilar Kota Tegal Gelar Patroli Gabungan ke Sejumlah OW Guna Mengantisipasi Penyebaran Covid 19

Sabtu, 15 Mei 2021

Tiga Pilar Kota Tegal Gelar Patroli Gabungan ke Sejumlah OW Guna Mengantisipasi Penyebaran Covid 19
kodimtegal.com

Tegal —Sejumlah tempat wisata dan pusat perbelanjaan dihari kedua lebaran Idul Fitri 1442 H di Kota Tegal ramai dikunjungi warga masyarakat. Sebagai upaya meminimalisir kejadian gangguan kamtibmas dan mencegah penyebaran Covid 19 dimasa pandemi seperti saat ini Satgas Covid 19 bersama tiga pilar melaksanakan kegiatan patroli di sejumlah Obyek wisata yang ada di Kota Tegal, Jum’at (14/5/2021)

Patroli dilaksanakan menyisir destinasi obyek wisata air seperti di Pantai Alam Indah, Pantai Pulau Kodok, Pantai Muarareja Indah dan Water Park Kota Tegal untuk memantau aktifitas masyarakat yang berkumpul dengan keluarga atau bermain pasir di bibir pantai.

Komandan Kodim 0712/Tegal Letkol Infantri Sutan Pandapotan Siregar, S.I.P. bersama Komandan Lanal Tegal Letkol Mar Ridwan Aziz, Mtr. Hanla, CHRMP serta Kapolres Tegal Kota AKBP Rita  Wulandari Wibowo S.I.K.  memantau langsung pengawasan Protokol Kesehatan di Obyek Wisata (OW) Pantai Alam Indah (PAI) menyampaikan kesadaran masyarakat akan bahaya Covid-19 sudah mulai nampak,  dapat dilihat dari jumlah pengunjung yang juga tidak banyak.

“Kapasitas OW menurut pengelola PAI sekitar 6000 pengunjung. tapi kita lihat meski ramai tetap tampak lenggang karena hanya diisi sekitar 30 % pengunjung,” jelas Letkol Inf Sutan Pandapotan

Dan pengunjungpun, jelas Sutan pandapotan terus tetap diawasi diprotekesi supaya mereka tetap ingat apa yang menjadi pesan Pemerintah .

“Semua sudah kita atur mulai dari pintu masuk sampai ke tempat parkiran agar jumlah pengunjung tetap sesuai dengan Surat Edaran Gubernur Jawa Tengah”,  jelas Dandim

Untuk penerapan Prokes,  sambungnya petugas gabungan Satgas covid 19 Kota Tegal baik dari TNI, Polri, Satpol PP telah dibagi 6 kelompok untuk terus berpatroli ke semua penjuru objek wisata PAI

“Mereka sudah kami briefing jadi tidak ada kekosongan petugas”, Terangnya.

Sementara Kapolres Tegal Kota menambahkan aktifitas masyarakat di obyek wisata saat libur lebaran ini mengalami sedikit peningkatan untuk itu kami bersama tiga pilar melaksanakan patroli gabungan untuk mengecek langsung situasi diobyek-obyek wisata yang ada di Kota Tegal sekaligus memberikan edukasi dan himbauan kepada para pengelola dan pengunjung agar selalu mentaati Protokol Kesehatan serta membatasi jumlah pengunjung dimasa pandemi Covid 19 seperti sekarang, terang Kapolres.
.
“Sehingga kami antisipasi adanya penyebaran dan terjadinya Cluster baru Covid 19 dengan cara memberikan himbauan kepada pengunjung agar selalu mematuhi Protokol Kesehatan.
“Kita sudah berkomitmen bersama bahwa kalau pada saat kita patroli masih kita temukan warga yang tidak mentaati protokol kesehatan sesuai prosedur maka kita tegur dan tanggung jawab akan kita bebankan kepada pengelola tempat wisata,”tegas Kapolres.
.
Disamping itu kita juga memantau kegiatan masyarakat khususnya di bibir pantai, dan saling berkoordinasi dengan Pospam Terpadu Obyek Wisata untuk menyiapkan sarana dan prasarana antisipasi apabila terjadi laka laut,” ujarnya.

Sebagai upaya pengamanan tak lupa kita memberikan himbauan kepada petugas parkir untuk tetap waspada terkait tindak kriminalitas Curanmor di obyek wisata.
“Kami menghimbau agar tetap memantau dan mengecek karcis yang telah diberikan dengan nomor kendaraan yang asli sehingga meminimalisir adanya tindak Curanmor,” imbuhnya.
.
Tampak hadir dalam kegiatan patroli tiga pilar tersebut Kapolres Tegal Kota, Komandan Kodim 0712/Tegal, Komandan Lanal Tegal, Wakapolres Tegal Kota, Para PJU Polres Tegal Kota, Kepala Dinporapar Kota Tegal dan sejumlah anggota yang tergabung dalam Pospam Terpadu Obyek Wisata. (Pendimtegal)

 

KATA KUNCI
BAGIKAN
BERI KOMENTAR


Kodim Tegal

TNI AD atau TNI Angkatan Darat atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat merupakan salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di wilayah darat. TNI AD merupakan kesatuan terbesar dalam Tentara Nasional Indonesia.

Komando Distrik Militer 0712/Tegal
©2021 kodimtegal.com