Lestarikan Budaya Dan Olahraga, Kodim Tegal Adakan Pagelaran Pencak Silat Tradisional

Kamis, 9 Juli 2020

Lestarikan Budaya Dan Olahraga, Kodim Tegal Adakan Pagelaran Pencak Silat Tradisional

Tegal - Bertempat di Lapangan Tenis Indoor Kodim 0712/Tegal dilaksanakan Pagelaran Pencak Silat Tradisional dalam rangka Komsos Kreatif Kodim 0712/Tegal Semester I TH 2020, yang diikuti sekitar 100 orang, Rabu (08/07)

Kegiatan ini juga salah satu upaya Kodim 0712/Tegal dalam melestarikan budaya tradisional serta mengembangkang olah raga bela diri Pencak Silat khusunya Kota dan Kabupaten Tegal.

Dalam sambutanya Dandim 0712/Tegal Letkol Inf Richard Arnold Yeheskiel Sangari S.H., M.M. mengucapkan terimakasih atas kehadiran dan partisipasi para undangan dan Perkumpulan Perguruan Pencak Silat Tradisional dibawah naungan IPSI Cabang Kota maupun Kabupaten Tegal atas kesediannya menjadi peserta pada Pagelaran Pencak Silat Tradisional dalam rangka Penyelenggaraan Komsos Kreatif.

Dandim mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini tidak hanya sekedar memberikan tontonan atau hiburan semata, namun juga sebagai salah satu wadah kreatifitas dan apresiasi seni bagi peserta pagelaran. “Semoga dengan tersenggarakannya kegiatan ini dapat mempererat silaturahmi serta meningkatkan kerjasama antara Kodim 0712/Tegal dengan insan perkumpulan Perguruan Pencak Silat dan Dinas atau instansi terkait serta komponen bangsa lainnya yang ada diwilayah Kota dan Kabupaten Tegal”, harapnya.

Ditambahkan melalui kegiatan ini diharapkan dapat menggugah para peserta untuk lebih semangat berkarya dalam memajukan perkumpulan perguruan pencak silat serta menjaga dan melestarikan Pencak Silat Tradisional sebagai salah satu seni budaya dan kearifan lokal.

“Sesuai dengan tema kegiatan tahun ini yaitu "Membentuk SDM Kreatif, Inovatif dan Adaptif". Ini sebagai upaya membangun sumber daya manusia, utamanya kalangan seniman dan pelajar sebagai generasi penerus bangsa yang kompartemen dengan pertahanan negara, juga sebagai sarana untuk mencintai budaya bangsa sendiri guna membentengi diri dari pengaruh budaya asing yang tidak sesuai dengan budaya luhur bangsa Indonesia”, ungkap Dandim.

“Akhir kata saya mengucapkan selamat mengikuti Pagelaran Pencak Silat Tradisional , semoga Tuhan Yang Maha Esa senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingannya kepada kita sekalian dalam mengabdi kepada bangsa dan negara yang kita cintai bersama, amin.”, pungkasnya.

Usai sambutan Dandim, acara dilanjutkan dengan pemukulan gong oleh Dandim 0712/Tegal sebagai tanda dibukanya Pagelaran Pencak Silat Tradisional.

Pagelaran Pencak Silat Tradisional kali ini diikuti antara lain oleh Perguruan PS Sapu Jagad dari desa Harjosari Lor Kec. Adiwerna Kab. Tegal, Perguruan PS Merpati Putih IPSI Kota Tegal, Perguruan PS Pagar Nusa Cabang Kab. Tegal dan Perguruan PS Trisula Desa Bongkok Kec. Kramat Kab. Tegal. (ats)

KATA KUNCI
BAGIKAN
BERI KOMENTAR


Kodim Tegal

TNI AD atau TNI Angkatan Darat atau Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat merupakan salah satu cabang angkatan perang dan merupakan bagian dari Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang bertanggung jawab atas operasi pertahanan negara Republik Indonesia di wilayah darat. TNI AD merupakan kesatuan terbesar dalam Tentara Nasional Indonesia.

Komando Distrik Militer 0712/Tegal
©2020 kodimtegal.com